Cara Memperbaiki Aplikasi iPhone Stuck di 'Waiting' Saat Install

Jika kalian mengalami stuck di "Waiting" saat install aplikasi di iPhone melalui App Store. Jangan marah - marah dulu, kalian bisa coba solusi yang mimin bagikan di bawah ini. Yuk kita mulai..


A. Cek Status Sistem Apple

Hal pertama kali jika kalian menemukan masalah ini adalah melakukan cek layanan sistem Apple apakah ada yang down (tidak berfungsi untuk beberapa saat) atau tidak. Apabila indikator 'App Store' berubah menjadi warna merah, itu berarti masalahnya dikarenakan dari sistem Apple bukan. Jadi, sekarang tunggu sampai layanan App Store aktif kembali (ditandai dengan indikator icon warna hijau). Jika ingin tahu bagaimana statusnya (on atau off) kalian bisa kunjungi Apple System Status.

B. Reboot

Jika indikator status sistem 'App Store' berwarna hijau dan masalah ini masih muncul saat install aplikasi. Kalian bisa coba untuk melakukan reboot perangkat iPhone kalian caranya: Tahan tombol power/lock, kemudia usap layar ketika muncul tulisan "Slide to Power Off". Sekarang hidupkan kembali iPhone dengan menekan tombol power/lock kembali.

Setelah iPhone melakukan reboot seharusnya status "Waiting" akan berubah menjadi "Loading".

C. Download Ulang

Setelah melakukan reboot masalah masih tetap terjadi? Coba kalian tap pada aplikasi yang stuck di 'Waiting' untuk cancel instalasi aplikasi. Kemudian buka App Store, tap pada "Explore" selama 10 kali sampai App Store melakukan refresh. Setelah itu, cari nama aplikasi yang tadi tidak bisa kalian install tersebut lalu coba kalian install kembali.


D. Check Wi-Fi Kalian

Jika kalian menggunakan Wi-Fi saat ini kalian bisa cek apakah koneksi antara iPhone dengan Wi-Fi baik - baik saja atau ada kendala. Misalkan ada kendala kalian bisa lakukan reboot router Wi-Fi yang ada di rumah kalian. Kalau ada di tempat umum, yaudah coba kalian gunakan data seluler (kuota internet kalian saja sudah).

E. Sign Out App Store

Udah coba semua solusi sebelumnya tapi masalah belum kunjung usai? Kalian bisa lakukan 'Sign Out' Apple ID kalian dari App Store (Ingat loh ya dari App Store aja bukan dari iCloud). Caranya:
1. Buka App Store
2. Kemudian pilih tab 'Featured'
3. Scroll terus kebagian paling bawah sampai ketemu username Apple ID kalian
4. Tap pada username tadi, lalu pilih 'Sign Out'


Setelah sign out dari Apple ID kalian dari App Store kalian bisa login ulang.

F. Reset Settings

Masih ngga bisa? Tenang masih banyak jalan menuju Roma (Roma Mantan Lol). Solusi yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah Reset Settings (Pengaturan). Sehingga pengaturan App Store akan kembali ke posisi default. Tidak cuma pengaturan App Store sih semua yang berbau kata - kata pengaturan di reset ke posisi awal pertama kali. Caranya:
1. Buka Settings
2. Pilih General
3. Pilih Reset
4. Pilih Reset All Settings
5. Masukkan passcode kalian untuk konfirmasi
6. Pilih Reset All Settings


Note: Solusi ini hanya akan menghilangkan atau reset pengaturan iPhone aja. Sedangkan, data kalian masih aman - aman aja kok.

Setelah reset biasanya iPhone kalian akan meminta untuk reboot. Setelah reboot kalian bisa coba install kembali aplikasi yang bermasalah tadi.


G. Hapus Aplikasi yang Tidak Sempurna di Download

Next solution, kalian bisa delete atau hapus aplikasi yang bermasalah tadi. Caranya:
1. Buka Settings
2. Pilih General
3. Pilih Storage & iCloud Usage
4. Pilih Manage Storage (Nantikan ada dua tuh, kalian yang paling atas aja ya, karena kalo bawah itu untuk iCloud)
5. Cari aplikasi yang tidak bisa di install, lalu hapus (Delete Apps)


Seperti biasa setelah kalian hapus lanjutkan dengan reboot iPhone kalian ya.

H. Reset All Content and Settings

Last Solution, mimin bisa bilang solusi ini adalah kalau kalian sudah mencoba semua solusi yang mimin kasih tapi ngga kelar - kelar juga ini masalah dan bisa dibilang ampuh. Tapi, sebelum mengikuti solusi ini diharuskan untuk backup data ke iTunes atau iCloud (pilih salah satu aja). Jika sudah yuk lanjut ke caranya..
1. Buka Settings
2. Pilih General
3. Pilih Reset
4. Pilih Reset All Content and Settings
5. Masukkan passcode kalian untuk konfirmasi
6. Pilih Erase iPhone


Perangkat iPhone kalian akan melakukan reboot secara otomatis.

Jadi, solusi mana yang terbaik untuk kalian pas ngalamin masalah stuck di "Waiting" saat install aplikasi di App Store.

Punya pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar yuk!