Cara Downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1 di iPhone, iPad, atau iPod Touch

Update : Kalian tidak dapat downgrade ke iOS 8.4.1 lagi, dikarenakan Apple sudah menyetop peredearan iOS 8.4.1.

Beberapa hari yang lalu iOS 9 telah dirilis oleh Apple. Banyak banget dari pembaca Applenesian yang melakukan upgrade dari iOS 8 ke iOS 9. Tapi, beberapa pembaca saya banyak yang mengalami masalah setelah upgrade ke iOS 9, seperti : Data cellular dari aplikasi tidak dapat diaktifkan, aplikasi news hilang, beberapa aplikasi di homescreen ada yang hilang, dan lagging pada beberapa fungsi (membuka aplikasi bawaan, membuka control center dan lainnya). Bahkan ada yang mengalami masalah saat melakukan update iOS, seperti pesan error "Software Update Failed", "Update Required" dan stuck di layar "Slide to Upgrade".


Nah, melihat permasalahan tersebut mimin menyarankan untuk menggunakan kembali iOS 8.4.1 untuk pembaca Applenesian yang mengalami masalah ini. Berikut adalah langkah-langkah downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1 di perangkat iOS.

Catatan : Kalian hanya bisa downgrade ke iOS 8.4.1 ya, selain itu tidak bisa.

Persiapan Downgrade ke iOS 8.4.1

A. Kompatibilitas Device
Untuk saat ini device yang sudah support dengan iOS 8.4.1 adalah
  • iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus
  • iPad Air 2, iPad mini 3, iPad 2, iPad (third-generation), iPad (fourth-generation), iPad Air, iPad mini, iPad mini with Retina display
  • 5th generation iPod Touch, 6th generation iPod Touch

B. Backup Device Terlebih Dahulu
Sebelum kalian melakukan downgrade ke iOS 8.4.1 ini ada baiknya untuk melakukan backup data-data kalian, seperti foto, musik,video,apps dan lain-lain. Untuk backup kalian dapat melakukannya via iCloud atau iTunes. Saya menyarankan untuk menggunakan backup menggunakan iTunes karena lebih cepat, tapi bagi yang memiliki koneksi yang bagus silahkan.

Untuk melakukan backup menggunakan iCloud bisa baca di Cara Backup Menggunakan iCloud, sedangkan untuk backup menggunakan iTunes bisa baca di Cara Backup Menggunakan iTunes.

C. Update iTunes Kalian
Biasakan untuk melakukan update iTunes kalian sebelum melakukan update/restore iOS. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi error entah itu saat connecting verifikasi device kalian atau lain-lainnya. Untuk melakukan update iOS  kalian dapat download di Website Resmi iTunes atau Filehippo

D. Matikan Find My iPhone dari iCloud
Apabila iPhone kalian menggunakan fitur Find My iPhone/iPad maka saya menyarankan untuk mematikannya pada saat proses update berlangsung. Caranya buka menu Settings -> iCloud. Kemudian matikan Find My iPhone.

E. Matikan Passcode
Saya menyarankan untuk mematikan fungsi Passcode. Caranya : Settings > Passcode & Touch ID. Kemudian pilih Turn Off Passcode.

F. Download Firmware iOS


Catatan Sebelum Downgrade ke iOS 8.4.1

1. Sebelum melakukan downgrade dari iOS 9 ke iOS 8.4.1 kalian cek terlebih dahulu apakah iOS 8.4.1 masih bisa di install di perangakat iOS kalian atau tidak pada link berikut.
2. Status Jailbreak iOS 8.4.1 = Tersedia
3. Resiko di tanggung pengguna ya..

Proses Downgrade iOS 9 ke iOS 8.4.1

1. Download Firmware iOS yang dapat kalian download di link berikut. Note : Perhatikan Model Number dari device kalian dan Jangan sampai salah download Firmware ya.

Firmware iOS 8.4.1 untuk iPhone

Cek Kumpulan Firmware iPhone di  Download Firmware iOS untuk iPhone

Firmware iOS 8.4.1 untuk iPad


Firmware iOS 8.4.1 untuk iPod Touch

Apabila kalian tidak mengetahui Model Number dari device kalian. Silahkan baca postingan berikut

2. Hubungkan perangkat iOS yang terinstall iOS 9 ke PC atau Mac.

3. Biasanya iTunes akan otomatis terbuka. Apabila tidak kalian jalankan secara manual iTunesnya. Setelah itu pilih perangkat iOS seperti gambar di bawah ini.


4. Untuk pengguna Windows : Kalian klik "Shifet" kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol "Check For Update". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

Untuk pengguna Mac : Kalian klik "Option" kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol "Check For Update". Jika sudah maka akan tampil window untuk mencari dan memilih firmware yang telah kalian download sebelumnya.

5. iTunes akan mengkonfirmasi bahwa kalian akan melakukan downgrade ke iOS 8.4.1. Pilih "Update" untuk memulai proses downgrade.

Sekarang kalian cukup menuggu sampai perangkat iOS kalian selesai menginstall iOS 8.4.1. Setelah selesai lakukan pengaturan awal seperti biasa. Semoga masalah yang ada di IOS 9 terselesaikan setelah downgrade ke iOS 8.4.1 ya.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan sungkan untuk bertanya di akun Twitter @Applenesian ya.

6 komentar

  1. kok saya tidak bisa downgrade? karena tidak dapat dipulihkan file firmware tidak kompatibel.
    ans dong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini udah ngga bisa downgrade ke iOS 8.4.1, karena Apple sudah stop peredaran iOS 8.4.1. Sekarang minimal iOS 9.0.2 - iOS 9.1

      Hapus
    2. tau gak cara downgrade dari ios 9.1 ke 9.0.1/9.0.2?

      Hapus
    3. Yah udah ngga bisa nih, minimal iOS 9.1 sekarang :(

      Hapus
  2. permisi gan numpang tanya.
    posisi skrg di ios 9.1, rencana mau downgrade ke ios 7, apakah harus downgrade ke ios 8 dulu atau bisa langsung dari ios 9.1 ke ios 7? dan apakah saat ini masih bisa dilakukan downgrade?karena ios 9 lemot banget. thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. iOS 7 dan 8 udah di close oleh Apple. Sekarang minimalnya iOS 9.1. Untuk perangkat iPhone 4S keatas.

      Hapus

Punya pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar yuk!