Saat ini sudah banyak perusahaan teknologi yang memproduksi Smartwatch milik mereka sendiri, contohnya Apple dengan Apple Watch. Menurut riset yang dilakukan oleh IDC, Apple berhasil menjual Apple Watch sebanyak 1,6 juta unit di kuartal kedua tahun ini. Jumlah tersebut membuat Apple menjadi nomor satu dalam pangsa pasar Smartwatch sebesar 47%. Tapi, tahukah kalian ternyata sampai saat ini penjualan Smartwatch turun hingga 32% (dari 5,1 juta unit menjadi 3,5 juta unit) dibandingkan kuartal kedua (pertengahan tahun) 2015.
Penyebabnya? Menurut om Jitesh Ubrani, senior research analyst dari IDC Mobile Device Trackers, menyebutkan konsumen menahan rasa ingin membeli Smartwatch tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi produk terbaru akan dirilis oleh Apple tahun ini dan versi watchOS terbaru dapat mendongkrak penjualan dari Apple Watch di akhir tahun 2016.
"Consumers have held off on smartwatch purchases since early 2016 in anticipation of a hardware refresh, and improvements in WatchOS are not expected until later this year, effectively stalling existing Apple Watch sales,"
Tidak hanya Apple, semua produsen Smartwatch juga mengalami tantang yang sama dengan Apple seperti masalah fungsi dan fashion. Jadi, jika ingin mendongkrak penjualan Smartwatchnya mereka haru memperhatikan aspek tersebut. Karena menurut mimin sendiri jam itu kaitannya dengan aksesoris, jadi jika tidak ada nilai fashionnya maka konsumen akan enggan untuk menggunakan jam tersebut. Kemudian selain nilai fashionnya, brand juga dapat memancing penjualan dari Smartwatch.
"Apple still maintains a significant lead in the market and unfortunately a decline for Apple leads to a decline in the entire market. Every vendor faces similar challenges related to fashion and functionality, and though we expect improvements next year, growth in the remainder of 2016 will likely be muted."
Jika tadi kita berbicara mengenai Apple Watch, kasian dong kalo produsen Smartwatch lainnya ngga ikut disebut. Samsung saat ini telah menjual 600 ribu produk Smartwatchnya (meningkat 51% dibandingkan tahun lalu), Lenovo 300 ribu unit (meningkat 75%), LG 300 ribu (meningkat 26%), Garmin 100 ribut unit (meningkat 25%) dan produsen lainnya berhasil menjual Smartwatchnya 600 ribu unit (turun 1% dibandingkan tahun lalu). Statistik lengkapnya bisa dilihat tabel di bawah ini.
Top Five Smartwatch Vendors, Shipments, Market Share and Year-Over-Year Growth, 2Q 2016 (Units in Millions) | |||||
Vendor | 2Q16 Unit Shipments | 2Q16 Market Share | 2Q15 Unit Shipments | 2Q15 Market Share | Year-Over- Year Growth |
1. Apple | 1.6 | 47% | 3.6 | 72% | -55% |
2. Samsung | 0.6 | 16% | 0.4 | 7% | 51% |
3. Lenovo | 0.3 | 9% | 0.2 | 3% | 75% |
4. LG Electronics | 0.3 | 8% | 0.2 | 4% | 26% |
5. Garmin | 0.1 | 4% | 0.1 | 2% | 25% |
Others | 0.6 | 16% | 0.6 | 11% | -1% |
Total | 3.5 | 100% | 5.1 | 100% | -32% |
Source: IDC Worldwide Quarterly Wearable Device Tracker, July 21, 2016 |
Sumber: IDC
Punya pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar yuk!